Jumat, 11 November 2011

Bab 3 Web browser dan Search Engine

3.1 Pengertian Web Browser Dan Search Engine

 

Web Browser adalah Dikenal juga dengan istilah browser, atau peselancar, atau internet browser. Adalah suatu program komputer yang menyediakan fasilitas untuk membaca halaman web di suatu komputer. Dua program web browser yang cukup populer saat ini adalah Microsoft Internet Explorer dan Netscape Navigator. Program browser pertama adalah Mosaic, yang merupakan suatu text browser, yang sekarang web browser telah berkembang ke dalam bentuk multimedia.
Web Hosting adalah Layanan untuk penempatan halaman-halaman web di internet di mesin komputer yang selalu terhubung dengan internet, umumnya layanan ini disediakan oleh penyelenggara jasa internet atau Internet Presence Provider.
Search engine disebut juga dengan mesin pencari, dimana sistem yang ada pada sistem tersebut diolah melalui satu atau sekelompok komputer yang berfungsi untuk melakukan pencarian data. Data yang ada pada mesin ini dikumpulkan oleh mereka melalui suatu metoda tertentu, dan diambil dari seluruh server yang dapat mereka akses. Jika dilakukan pencarian melalui search engine ini, maka pencarian yang dilakukan sebenarnya adalah pada database yang telah terkumpul di dalam mesin tersebut.
Contoh mesin pencari ini adalah Google, Yahoo, Altavista, SearchIndonesia, dll.
"Search Engine : Tak Sekadar Mencari"
Setelah kita terhubung dengan Internet, ada kalanya kita hendak mencari suatu informasi tetapi bingung dimana letak atau nama situsnya. Tidak jarang pula terkadang kita jenuh dengan situs yang tiap hari itu-itu saja yang kita kunjungi. Kalau memang demikian halnya, mengapa tidak kita gunakan saja salah satu fasilitas yang tersedia di Internet, yaitu layanan search engine? Search engine adalah sebuah database elektronis yang berisi jutaan hingga miliaran alamat-alamat situs dan informasi yang berserakan di jagad Internet ini.
Situs search engine terkenal kerap menduduki salah satu peringkat teratas dari situs-situs yang paling banyak dikunjungi. Sebelum search engine tersebut dapat memberikan layanan kepada pengunjung, maka dia harus mendata sekian banyak situs dan informasi di Internet untuk dimasukkan ke dalam databasenya. Aktifitas yang disebut dengan peng-indeks-an tersebut diawali dengan "penjelajahan" ke seluruh penjuru Internet oleh sebuah program otomatis yang disebut spider, bot ataupun crawler. Cara penggunaan search engine adalah dengan mengetikkan kata kunci (keyword) yang hendak dicari dan setelah itu akan ditampilkan sejumlah link yang akan mengarahkan kita kepada situs atau informasi yang ada relevansinya dengan keyword yang kita masukkan.
Yang kerap menjadi kendala adalah kita terkadang kurang tepat atau tidak spesifik dalam memasukkan keyword untuk mencari informasi tertentu, sehingga hasil pencariannya menjadi tidak relevan. Bisa pula kita malahan kebingungan dalam memilah-milah informasi mana yang benar-benar kita dibutuhkan dari sekian ribu hingga jutaan informasi yang dihasilkan oleh sebuah search engine.
Dari sekian banyak pilihan search engine di Internet, berdasarkan hasil riset situs situs Searchenginesshowdown.com pada awal Maret 2002, terdapat tiga besar situs search engine yang tengah bersaing menduduki posisi teratas berdasarkan kriteria jumlah ketersediaan informasi, keunikan (ketidak-samaan) informasi yang tersedia di dalam database dan jumlah aktifitas peng-klik-an link informasi oleh pengguna dari yang ditawarkan oleh masing-masing search engine.
Kedudukan tiga besar tersebut sementara ini , dipegang oleh situs Google.com pada posisi pertama, posisi kedua oleh situs Wisenut.com dan ketiga adalah situs Alltheweb.com. Harap diingat, Yahoo.com tidak dikategorikan sebagai situs search engine, tetapi sebagai sebuah situs direktori. Beda antara search engine dengan direktori adalah pada jumlah informasi yang tersedia di dalam databasenya. Isi database direktori lebih sedikit ketimbang isi database search engine. Selain itu, informasi di dalam database direktori diseleksi dan diindeks oleh manusia, bukan otomatis oleh program semacam spider, bot ataupun crawler.
Pengelola konten sebuah direktori akan memilih dan memeriksa kelayakan sebuah situs sebelum diputuskan untuk dapat masuk dalam direktori berdasarkan kategori yang tersedia. Situs direktori tersebut juga memasang semacam form search engine untuk mencari situs atau informasi di dalam databasenya, berdasarkan keyword yang digunakan. Bahkan Yahoo.com menggandeng Google.com untuk memperkuat pencarian yang dilakukan oleh pengunjungnya. Sehingga apabila seorang pengunjung Yahoo.com tidak menemukan situs atau informasi yang dicarinya dari database direktori Yahoo.com, maka secara otomatis Yahoo.com akan menampilkan serangkaian link-link tambahan yang diambil dari database Google.com dengan keterangan "powered by Google" di atasnya.
Ada Apa dengan Google?
Gak perlu diperdebatkan lagi, popularitas tertinggi untuk search engine kini berada di tangan Google.com. Popularitas search engine yang dibidani oleh Larry Page dan Sergey Brin (keduanya kandidat Ph.D berusia 28 tahun dari Universitas Stanford Amerika) tersebut didukung dengan kekuatan databasenya yang mengindeks sekian banyak situs-situs Internet di dunia. Pada awal Maret 2002, berdasarkan hasil estimasi situs SearchEnginesShowDown.com, database Google.com telah mengindeks sekitar 968 juta situs Internet.
Saat itu Google mengklaim sekitar 1,5 miliar situs di Internet yang telah masuk ke dalam databasenya. Memang luar biasa fenomena yang dibawa oleh Google.com yang secara resmi diluncurkan pada September 199 ini. Setiap harinya sekitar 70 juta proses pencarian dilakukan oleh Google.com. Dengan tampilan yang bersih dari banner iklan dan image yang berat, proses pencarian bisa berlangsung dengan cepat. Iklan-iklan ditempatkan di bagian atas dari hasil sebuah pencarian, dalam bentuk teks biasa dan iklan yang muncul tersebut dikaitkan dengan keyword yang dimasukkan oleh pengguna Google.com. Sehingga kemungkinan iklan tersebut di klik menjadi lebih besar karena memiliki relevansi dengan informasi yang dicari.
Bukan secara teknis saja popularitas Google.com berhasil mencuat. Bahkan di Amerika, menurut majalah Newsweek edisi Maret 2002, Google.com telah merasuk secara kultural, khususnya dalam bahasa pergaulan sehari-hari. Kata "google" menjadi kata kerja, seperti contoh kalimat: before a blind date, singles use it to "google" potensial matches to see if they're bla-bla-bla. Kekuatan mesin pencari dan pengindeks (crawler) benar-benar "menakutkan". Pada Februari 2002, beberapa media massa Amerika memberitakan kecemasan beberapa pemilik situs ataupun database di Internet terhadap kekuatan crawler milik Google.com tersebut.
Pasalnya, crawler Google.com, sejalan dengan keinginan Page dan Brin, terbukti mampu mengindeks situs dan informasi dari server ataupun database yang tersembunyi di balik firewall atau yang dikhususkan sebagai informasi berbayar. Pantaslah, kiprah Google.com di percaturan search engine mendapatkan anugerah sebagai salah satu search engine terbaik menurut versi situs SearchEngineWatch.com dan situs SearchEnginesShowDown.com. Yang Terhempas
Beberapa search engine baru bermunculan dan beberapa yang lainnya berguguran, atau setidaknya tidak dikembangkan lebih lanjut oleh pemiliknya. Google.com, Wisenut.com dan AllTheWeb.com adalah contoh search engine yang berhasil menyodok ke papan atas jajaran elit search engine dunia. Lalu InfoSeek.com dan Excite.com adalah contoh search engine yang berhenti dikembangkan oleh pemiliknya. Infoseek.com pada Juli 1999 berada di bawah GO Network, sebuah jaringan industri berbasis Internet yang dimiliki oleh perusahaan konglomerat industri hiburan, Disney.
Kemudian pada Januari 2001, Disney mengumumkan bahwa dirinya enggan melanjutkan bisnis yang ditangani oleh Go Network dan portalnya Go.com. Kemudian pada Maret 2001, situs Go.com berhenti menggunakan fasilitas search engine milik Infoseek.com. Infoseek.com sendiri kemudian menggunakan database milik InfoSpace.com. Situs Excite.com sendiri sejak Desember 2001 telah berhenti sebagai sebuah search engine yang mandiri dengan tidak lagi melakukan proses pencarian dari database miliknya sendiri. Untuk fasilitas pencarian, Excite.com menggunakan database milik situs Overture.com. Padahal sebelumnya, database Excite.com dimanfaatkan oleh Netscape.com dan Aol Netfind. Kini Netscape menggunakan database Google.com, dan AOL menggunakan database Inktomi.com



Empat Search Engine Pilihan
Berikut ini adalah sekilas uraian empat buah situs search engine, yaitu Google.com, Wisenut.com, Alltheweb.com dan Altavista.com. Keempatnya memiliki satu kesamaan, yaitu sama-sama memiliki fasilitas perlindungan terhadap keluarga berupa pilihan untuk memfilter informasi pornografi agar tidak muncul dalam hasil pencarian


3.2. Situs Yang melayani Search Engine (Mesin Pencari)

JUGGERNAUT ZONE

================================================

Search engine adalah salah satu fasilitas yang dimiliki beberapa situs yang ada di dunia yang dijalankan melalui web browser dengan fasilitas search engine para netter atau pengguna internet dengan mudah mencari informasi yang dibutuh kan search engine menyimpan milyaran halaman web yang merupakan database dari seluruh duna
search engine merupakan sebuah situs khusus yang di rancang untuk menyimpan katalog serta menyusun daftar alamat tersebut berdasarkan topik. situs yang melayani serach engine di antaranya adalah :

  • yahoo.com
  • google.com/co.id
  • live.com
  • altavista.com
  • infoseek.com
  • lycos.com
  • Excite.com

 Beberapa Contoh Tampilan Search engine :

                                               http://www.google.com/


                                                 http://www.yahoo.com/
                                                  http://www.altavista.com/




                                      
A. Menggunakan serach engine dalam mengakses informasi di internet

Untuk memakai search engine, Seorang user harus memasukkan search term (Kata / frase yg hendak dicari). Kemudian sesuai cara kerja search engine, akan dihasilkan daftar situs World Wide Web (WWW), atau daftar dokumen file file bebas download.


 Cara Kerja Search Engine

 Cara kerja search engine itu dengan menscan / mengcrawl konten web dalam komputer dan jaringan, atau juga dengan menganalisa / memparsing hasil index crawling tsb dan kemudian disusun index keyword konten web.
Layanan pencarian web ini bekerja dengan membangun index sekaligus secara rutin mengupdate index halaman web dan file. Semua ini berkat bantuan sejenis web browser otomatis atau spider robot atau web crawler yg menjelajahi internet, mengumpulkan setiap halaman situs yg dapat crawler tsb temukan.
Halaman situs tsb akan mengalami proses index berdasar susunan kata, frase, dan kalimat yg mengisi konten. Proses index search engine ini melakukan perlakuan khusus pada judul dan header. Sehingga saat user memasukkan query, search engine akan menscan database index dan kemudian memunculkan daftar halaman yg paling sesuai dgn query pencarian user. Biasanya hasil scan akan didapatkan dalam hitungan detik

Perbedaan Antar Search Engine

 Umumnya saat engine mesin pencari menampilkan daftar hasil, halaman dirangking sesuai dengan seberapa banyak situs lain melink ke halaman tsb. Asumsi dibangun atas dasar semakin berguna sebuah situs, maka akan semakin sering situs lain mengirim user ke sana. Google menjadi pionir tehnik menilai kualitas link. Nama teknologi search engine ini Pagerank.
Namun perlu diingat kalau Pagerank bukan satu satunya kriteria penilaian SEO. Namun pagerank bukan satu satunya kriteria. Catatan penting lainnya, setiap search engine memiliki kriteria masing masing. Itulah mengapa dibalik rahasia perbedaan hasil pencarian google dengan hasil pencarian yahoo.

Sebagai awal belajar pagerank, kamu bisa membaca 4 Optimasi Konten demi Peningkatan Pagerank.
Perlu juga diperhatikan kalau hasil pencarian tidak sepenuhnya mewakili kualitas link. Penyebabnya adanya link yg disebut link sponsor. Link sponsor adalah link yg tampil pada hasil pencarian bukan disebabkan kualitas link melainkan perusahaan third party membayar jasa komisi searce engine untuk meletakkan link mereka pada hasil pencarian atau SERP (Search Engine Result Page). Dalam kontens google adsense, mereka yg membeli link google disebut adwords publisher.

3.3 Menyimpan, Mendownload Dan Mencetak Informasi dari Web Browse

  • A. Menyimpan Informasi
  •      Halamaan web yang A.berisi informasi dapat kita simpan dalam format sebagai berikut.
  • HTML. Klik menu File---Klik Save As---Pilih direktori atau folder penyimpanan pada kotak Save in---Pada kotak Save as type, tentukan jenis penyimpanan, misalnya Web Page, complete---Ketik nama file pada kotak File Name---Klik Save
  • Mengopi ke Ms Word. Blok teks yang dibutuhkan---Klik Menu Edit---Klik Copy---Aktifkan Ms Word---Letakkan kursor pada dokumen Word---Klik menu Edit---Klik Paste
  • B. Download
  •      Untuk melakukan download, anda dapat melakukan cara berikut.
  • Pengambilan Gambar Bitmap dari Halaman Web. Aktifkan web browser IE---Buka halaman web yang memiliki gambar bitmap---Klik kanan pada gambar---Klik Save Picture As, kemudian akan ditampilkan kotak dialog Save Picture---Pada kotak dialog Save Picture, tentukan direktori penyimpanan, nama file, dan jenis file---Klik Save.
  • Pembuatan Wallpaper (Background) dari Gambar Halaman Web. Aktifkan web browser IE---Buka halaman web yang memiliki gambar adatu gunakan search engine Google untuk mencari gambar---Klik kanan pada gambar halaman web---Klik Set As Background.
  • Pengambilan Gambar Animasi Flash. Aktifkan situs yang menyediakan gambar animasi flash---Klik menu View---Klik Source---Klik menu Edit--- Klik Find---Ketik teks .swf pada kotak isian Find what---Klik tombol Find---Blok nama file dengan ekstensi swf yang ditemukan---Klik menu Edit---Klik Copy---Letakkan kursor pada Address bar halaman web yang sedang dibuka---Hapus teks URL setelah nama domain dan file flash---Klik Go atau tekan tombol Enter---Klik menu File---Klik Save As---Ganti nama file _ (garis bawah) menjadi . (titik)---Klik Save---Kemudian simpan kembali, jangan lupa ubah Save as type menjadi Web Page HTM only. Untuk membuka file animasi flash, anda harus menggunakan nama file HTML.
  • Download File dan Informasi Melalui Situs dengan Fasilitas Download Langsung. Aktifkan situs yang menyediakan fasilitas download file---Klik file hyperlink yang dapat didownload---Kemudian akan tampil kotak konfirmasi File Download. Pilih Open untuk membuka file secara langsung dari web server, Save untuk menyimpan, atau Cancel untuk membatalkan---Pilih Save untuk menyimpannya---Tentukan folder penyimpanan pada kotak save in---Ketik nama file pada kotak file name---Klik Save---Tunggulah proses download yang sedang berlangsung.
  • Download dengan Menu Pop-Up. Aktifkan situs yang memiliki file atau gambar yang dapat didownload---Klik kanan pada file hyperlink yang akan didownload---Klik Save Target As---Tentukan lokasi penyimpanan file---Ketik nama file pada kotak File name---Tunggulah proses download selesai.
  • C. Pencetakan Informasi
  •      Untuk mencetak informasi halaman website ke printer, lakukan langkah berikut ini.

  • Aktifkan salah satu halaman web yang akan dicetak
  • Klik Menu File
  • Klik Print
  • Pada kotak dialog Print, tentukanlah jenis printer, jumlah halaman, dan jumlah salinan.
  • Klik Print

  • 3.4 Fitur – fitur Pendukung Web Browser

  • Filed under: 1 — ilkomab @ 11:04 am
  • Penjelajah web bisa dibedakan lewat fitur-fitur yang mereka dukung. Browser modern dan halaman web biasanya menggunakan banyak fitur dan teknik yang tidak ada pada masa-masa awal web. Disebabkan adanya perang penjelajah web, fitur-fitur Web dan penjelajah web semakin cepat dikembangkan.
  • Berikut daftar beberapa elemen dan fitur-fitur tersebut:
  • · Internet relay chat (IRC) untuk mendukung chatting, dan dapat digunakan sebagai e-mail client. Protokol yang didukung termasuk network news transfer protocol (NNTP), simple mail transfer protocol (SMTP), Internet message access protocol (IMAP), dan post office protocol (POP).
  • · Fitur standart lainnya dari browser adalah dukungan terhadap active content/JavaScript (Dynamic HTML) and Cookies, sebagian besar pengguna internet melakukan browsing tanpa mengetahui apa proses yang terjadi dibalik interaksi dengan internet. Active content misalnya Javascript atau HTML yang dinamis (DHTML) dan cookies yang mungkin memunculkan resiko tersebunyi jika aktif/ditampilkan di browser ataupun email client.
  • Bagian – bagian dari fitur web browser adalah sebagai berikut:
  • Active content digunakan untuk meningkatkan functionality atau menambah kemudahan disain dimana halaman web didasarkan pada scripts yang mengeksekusi program pada web browser. Scripts inilah yang sering digunakan untuk download atau mengeksekusi kode-kode/script yang beresiko pada komputer pengguna. Tidak selalu JavaScript dan and active content berbahaya meskipun merupakan cara yang umum digunakan oleh penyusup. Sementara itu cookies mungkin sekali mengkoleksi dan menyimpan informasi selama pengguna menjelajahi internet.
  • Session cookies menyimpan informasi selama pengguna menggunakan browser.
  • Bookmark manager merupakan petunjuk kesuatu URL dan hampir semua web browser mendukung fitur ini. Mempermudah dalam melakukan katalog dan akses pada suatu halaman web yang telah atau akan dikunjungi tanpa harusmengingat URL-nya.
  • Fasilitas Caching dari isi halaman web memungkinkan misalnya halaman web dan gambarnya dengan tujuan untuk mereduksi penggunaan bandwidth, mengurangi kesibukan web server, mencegah terjadinya lag. Browser mendukung berbagai tipe media melalui plugin seperti Macromedia Flash dan QuickTime.
  • Fitur autocompletion pada pengisian alamat URL dan pengisian data pada form form data merupakan fitur yang disediakan oleh banyak text editors, word processor, dan tentunya web browser. Fitur ini mempunyai kemampuan memprediksi kata atau frase yang mungkin akan diketikan oleh user tanpa user harus mengetik secara lengkap.
  • Tabbed document interface (TDI) merupakan fitur yang banyak dijumpai pada perangkat lunak berbasis grafis (graphical user interfaces (GUI)), sebuah TDI memungkinkan beberapa dokument ditampilkan pada satu jendela, dan menggunakan tab sebagai alat navigasi. Kemampuan web browser dalam menanggulangi iklan pop-up yang sering muncul jika kita membuka jendela baru, juga perlu dipertimbangkan. Selain itu adakah kemampuan advert filtering yaitu kemampuan untuk mencegah munculnya isi yang bersifat iklan pada suatu halaman web? Atau adakah kemampuan mencegah phishing yaitu kegiatan kriminal yang umumnya berusaha menumpulkan informasi penting dan sensitive misal password atau nomor kartu kredit. Kebanyakan phishing dilakukan menggunakan email atau instant message.






Tidak ada komentar:

Posting Komentar